Rabu 07 Jul 2021 23:40 WIB

Muslim India Alihkan Dana Hajinya untuk Bantu Sesama

Komunitas Muslim India alihkan dana haji untuk bantu sesama.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji India.
Foto:

Hal itu juga dirasakan seorang pengusaha bernama Iqbal Memon dan istrinya, yang berbasis di Mumbai India. Mereka biasanya melakukan umrah pada bulan Ramadhan selama dua dekade terakhir, hingga kemudian Covid-19 memaksa untuk membatalkan perjalanan umrah pada 2020.

"Bahkan jika situasinya telah membaik dan Saudi telah mengizinkan orang asing untuk melakukan umrah di bulan Ramadhan, kami tidak akan pergi ke sana. Kami memutuskan untuk menghabiskan uang untuk mengirim bantuan kepada orang-orang di sekitar rumah dan mengumpulkan berkah daripada mencari berkah dengan mengunjungi tempat-tempat suci," kata Memon, presiden All India Memon Jamaat Federation.

Naiknya angka kemiskinan yang disebabkan pandemi telah menyalakan kembali perdebatan tentang apakah Muslim yang kaya harus menghabiskan begitu banyak waktu untuk berziarah ke Makkah dan Madinah yang tidak wajib.

Cendekiawan Muslim yang berbasis di Chennai A Faizur Rahman berpendapat bahwa masyarakat dapat memulai program pengentasan kemiskinan dan pendidikan dengan sebagian kecil dana untuk haji dan umrah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement