Pelaksanaan Haji di Tahun Kedua Masa Pandemi

Jumat , 16 Jul 2021, 03:59 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Sebuah tenda kemah untuk peziarah didirikan di Mina, dekat kota suci Muslim Mekkah, menjelang haji tahunan yang akan datang, Selasa, 13 Juli 2021.
Sebuah tenda kemah untuk peziarah didirikan di Mina, dekat kota suci Muslim Mekkah, menjelang haji tahunan yang akan datang, Selasa, 13 Juli 2021.

Pihak berwenang menyatakan, mereka telah memastikan tingkat kualitas makanan tertinggi dan makanan memenuhi kebutuhan nutrisi para jamaah.  Sebelumnya, jamaah diizinkan untuk berkumpul dan berbagi makanan bersama karena makanan disajikan di ruang makan yang ditentukan.

 

Terkait

"Saya ingat kami akan berkumpul dalam kelompok yang terdiri dari empat puluh orang dan menikmati es krim dan mengobrol selama berjam-jam di pinggir jalan di kafetaria mini selama haji," kata seorang warga Kanada di kerajaan, Adnan Saddiq.

"Ini adalah salah satu kenangan saya yang paling berharga tentang musim haji. Tapi tampaknya tahun ini, orang-orang tidak akan dapat memiliki koneksi itu dan akan dibatasi untuk teman yang diberikan kepada mereka," lanjutnya. 

Pembatasan jarak sosial akan diberlakukan di kamp-kamp di Mina. Itu akan menampung empat orang dalam satu tenda. Untuk menghindari keramaian dan kemacetan, pengunjung tidak akan diizinkan masuk ke dalam kamp. Penyaringan visual dan termal dipasang saat masuk ke kamp sebagai bagian dari tindakan pencegahan.

Otoritas haji akan menegakkan langkah-langkah jarak sosial selama haji, sebanyak 3.000 bus disediakan untuk mengangkut jamaah dari situs yang berbeda.  Hanya 20 jamaah dan seorang pemimpin kelompok yang diizinkan di setiap bus.