Ahad 01 Aug 2021 21:45 WIB

Kekhasan Bayt al-Suhaymi, Rumah Bangsawan Abad Pertengahan

Bayt al-Suhaymi adalah model rumah dari gaya arsitektur Islam abad pertengahan.

Bagian Depan Bayt Al-Suhaymi
Foto:

Ruang tamu umum berada di lantai satu dengan dekoratif kaca patri dan struktur mashrabiya. Di ruang ini, tamu dijamu secara duduk lesehan dengan bantal duduk yang memberi kesan kehangatan pemilik rumah.

Ke area lantai dua rumah dapat ditemukan banyak kamar dengan balkon yang juga ditutup dengan kisi mashrabiya. Sebagian besar balkon ini menghadap ke area taman di tengah rumah.

Di lantai dua ini juga terdapat beberapa ruang aula keluarga yang berfungsi sebagai ruang makan dan pertemuan tanpa menggunakan kursi, hanya meja di tengah dan sofa bantal duduk lesehan. Ruang aula ini dipenuhi dekorasi ukiran kayu khas masyarakat Arab dan susunan keramik yang menghiasi dindingnya.

Bagian hammam atau kamar mandi merupakan area yang tidak kalah penting dari Bayt al-Suhaymi. Area kamar mandi dibagi menjadi tiga bagian, khusus untuk air dingin, bagian pijat dan khusus untuk air panas, serta ruang uap.

photo
Ornamen dinding Bayt Al-Suhaymi - (wikipedia)

 

Di area ini, dekorasi kamar mandi potongan kaca patri berwarna yang menghiasi langit-langit masuknya cahaya matahari. Di bagian terakhir lantai dua terdapat area kamar tidur pemilik rumah yang penuh dekorasi kayu dan susunan keramik indah.

Struktur langit langit setiap ruang kamar dirancang dengan Persia yang menjulang dengan dekorasi pahatan indah pada langit-langitnya serta gantungan lentera dan menara lampu. Di lantai tiga terdapat ruang kamar lainnya yang juga sebagian besar memiliki balkon dengan kisi mashrabiya.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement