Senin 09 Aug 2021 23:00 WIB

Lawan Pandemi Covid, Jokowi Minta Umat Islam Teladani Nabi

Masa pandemi saat ini pun memberikan pelajaran berharga bagi seluruh masyarakat

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (2/8/2021)
Foto:

Jokowi menyebut, masa pandemi saat ini pun memberikan pelajaran berharga bagi seluruh masyarakat yang patut untuk direnungkan. Seperti halnya banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjuangan Nabi Muhammad SAW semasa hijrah dari Makkah ke Madinah yang telah membuat Islam berkembang pesat, menyebar luas, dan menjadi kekuatan yang disegani di jazirah Arab.

“Untuk mencapainya, dibutuhkan pengorbanan untuk meninggalkan hal-hal yang menghambat kemajuan, serta kebersamaan, keberanian, dan solidaritas untuk mengatasi ancaman,” tambahnya.

Menurut Jokowi, kepatuhan umat Islam dalam mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian. Upaya ini perlu dilakukan untuk menhindari potensi terinfeksi virus Covid-19 serta untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama. 

Lebih lanjut, Presiden juga mengajak seluruh umat Islam terus meneguhkan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah basyariah. Presiden pun meminta masyarakat untuk meningkatkan sikap moderasi beragama, toleransi, inklusivitas, dan ta'awun atau tolong menolong antarsesama umat muslim.

“Sebarkan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Teladani akhlak nabi dengan mengajarkan kebersamaan dan toleransi, serta menghindari syiar kebencian,” tambah Jokowi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement