Senin 16 Aug 2021 03:37 WIB

Soal Umroh, Pengamat: Banyak Syarat yang Harus Disiapkan

Ibadah umroh di tengah pandemi ini memang sangat sulit, banyak persyaratannya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Umroh masa pandemi
Foto:

Bagaimana pendapat Anda dengan kebijakan Arab Saudi membuka lagi keran umroh untuk jamaah Internasional?

Saya melihat ini sebagai kelanjutan dari keberhasilan Saudi menyelenggarakan ibadah haji dengan jumlah yang sangat terbatas kemarin dan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat mereka bisa melaksanakannya dengan baik.

Jadi, ini sebagai tindak lanjut pelaksanaan ibadah haji dengan protokol kesehatan yang ketat. Mereka cukup berhasil. Dan ini menurut saya pertanda baik Arab saudi sudah membuka (umroh), mudah-mudahan bisa lancar, meski dengan persyaratan yang ketat.

Apakah ada indikasi Arab Saudi membuka lagi pintu untuk Indonesia?

Indonesia masih dalam sembilan negara yang dilarang terbang langsung ke Arab Saudi.Ini menandakan bahwa Indonesia masih berada dalam radar mereka yang di-banned, masih dilarang untuk terbang langsung ke sana.Namun, itu bukan berarti Indonesia tidak boleh pergi ke sana jamaahnya.

Boleh, tapi dia berarti harus lewat negara lain yang tentunya berisiko juga. Karena jamaah umrohnya juga harus karantina lebih lama perjalanannya lebih jauh dan seterusnya.

Apa ada indikasi umroh dibuka bagi Indonesia?  Ini yang harus kita lihat, sejauh mana penanganan Covid-19 di Indonesia. Kalau masih seperti ini saya lihat masih akan agak lama (Arab Saudi membuka umrah untuk Indonesia). Pemerintah Saudi sangat sangat ketat dan mereka bekerja sama dengan berbagai lembaga internasional untuk melakukan pengukuran-pengukuran terkait hal ini (kondisi pandemi di berbagai negara).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement