Senin 16 Aug 2021 03:37 WIB

Soal Umroh, Pengamat: Banyak Syarat yang Harus Disiapkan

Ibadah umroh di tengah pandemi ini memang sangat sulit, banyak persyaratannya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Umroh masa pandemi
Foto:

Apakah memungkinkan untuk berangkat umroh melalui negara ketiga termasuk menjalani karantina di sana?

Ibadah umroh di tengah pandemi ini memang sangat sulit, banyak persyaratannya, banyak yang harus disiapkan. Dari segi ongkos pasti lebih mahal, karena karantina harus dibayar sendiri kemudian belum lagi tes PCR, juga keluar masuk hotel harus tes, banyak sekali.

Ongkosnya mungkin bisa tiga kali lebih mahal dari ongkos umroh reguler yang biasa. Bayangkan pergi dari Indonesia karantina dulu 14 hari, umrah sepekan, pulang umrah karantina lagi.Jadi, masih sangat sulit dan risiko yang sangat besar. Jadi, saya kira pemerintah maupun asosiasi travel bisa membuat keputusan bersama bagaimana baiknya merespons hal ini. 

Lalu apa yang harus dilakukan Indonesia agar pintu umroh dibuka lagi?

Menurut saya yang paling serius adalah bagaimana agar kondisi pandemi ini terkendali di Indonesia dan bisa ditekan dengan sebaik- baiknya misalnya lewat vaksinasi masal kemudian pemberian pengobatan yang baik sehingga jumlah kasus menurun, orang yang meninggal juga menurun sehingga dunia internasional mengetahui bahwa penanganan Covid di Indonesia ini membaik. Dengan begitu, otomatis negara lain termasuk Arab Saudi akan terbuka bagi Indonesia.

 

Kedua, tentu saja komunikasi dan lobi masih tetap bisa dilakukan tapi seperti yang kita lihat saya kira keputusan dan otoritas tertinggi Arab Saudi untuk masalah keamanan dan keselamatan jiwa termasuk bahan jamaah haji dan umrah itu pasti mereka nomor satukan.

Jadi, sekuat apa pun lobi tidak akan bisa. Yang penting Indonesia bisa keluar dulu dari pandemi ini mudah-mudahan akhir tahun ini kita bisa jauh lebih baik lagi. Mudah-mudahan kondisi pandemi di Indonesia membaik sehingga bisa keluar dari wabah ini dan dengan demikian jamaah umroh bisa berangkat ke Arab Saudi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement