Kamis 02 Sep 2021 07:09 WIB

Sejarah dan Tradisi Sudan yang Beragam

Sudan menikmati warisan budaya dan agama etnis yang kaya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Unjuk rasa rakyat Sudan menuntut penghapusan negaranya dari dafar teroris.
Foto:

Selain itu, tidak ada piramida di benua ini yang mencerminkan peradaban Afrika Hitam yang lebih benar daripada di Mesir dan Sudan. Pernyataan Adam disebut sebagai bukti sarjana kulit hitam Amerika W.E.B. Du Bois 1940 buku 'Black Folks Then And Now', di mana ia menghancurkan gagasan imperialis Barat tentang Sudan sebagai Arab dan bukan Hitam.

Pernyataan yang diungkapkan Adam tentang Sudan, DuBois sebagai kepala Departemen Sosiologi di Universitas Atlanta, mengontekstualisasikannya sebagai Afrika.

Sudan, seperti negara-negara lain, secara historis diganggu oleh kekuatan Amerika dan Eropa yang ikut campur dalam perebutan Afrika. Pada 2007, saat duduk di halaman di luar kamar hotel di Khartoum, Jehron diperingatkan tentang perpecahan di dalam Sudan People’s Liberation Movement (SPLM), yang berjuang untuk Sudan Selatan yang merdeka.

Selama wawancara eksklusif dengan Dr. Wani Tombe dari surat kabar harian politik Advocate, dia memperingatkan jika Selatan memisahkan diri akan ada perang saudara di Selatan dan hanya ada perang antara Utara dan Selatan. Prediksinya menjadi kenyataan dengan perang berkecamuk antara faksi-faksi yang berbeda di Sudan Selatan, sejak kemerdekaannya pada 2011.

Adam juga berbicara tentang sejarah dan tradisi Islam Sudan yang kaya. Dia mengatakan, Raja Abyssinian Al-Negashi yang memfasilitasi migrasi pertama Islam atau Hijrah menggunakan wilayah yang sekarang dikenal sebagai Sudan sebagai tempat berlindung, yang aman dari penentang Muslim.

Adam mencatat bahwa Abyssinia tidak hanya mencakup Eritrea dan Ethiopia tetapi juga sebagian dari Sudan. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam juga mengirimkan surat kedua yang mendorong Raja Al-Negashi untuk menerima Islam. Sementara surat pertama adalah permintaan tempat berlindung yang aman bagi para pengikutnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement