Kamis 02 Sep 2021 08:09 WIB

Shahana Hanif, Muslim Pertama Jadi Anggota Dewan NYC

Shahana Hanif tercatat menjadi Muslimah pertama menjadi anggota Dewan Kota New York.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kota New York
Foto:

Selama perjalanan Hanif yang sering ke rumah sakit, dia juga menemukan hambatan bahasa yang terlihat di rumah sakit New York. Saat sakit, Hanif terpaksa mengambil tanggung jawab menerjemahkan dokumen dan interpretasi medis untuk memastikan bahwa orang tuanya mengerti tentang kesehatannya.

"Urgensi pada akses bahasa juga merupakan sesuatu yang sedang berkembang dalam diri saya di mana saya berada, mengapa sistem perawatan kesehatan tidak mengambil tanggung jawab lebih untuk memastikan bahwa keluarga memahami dan merasa didukung dan diperlengkapi untuk bertahan dalam perjalanan ini?" ungkapnya.

Pada awalnya, Hanif menyalurkan kemarahannya tentang masalah ini melalui menulis. Dia mendirikan Muslim Writers Collective di New York dan melalui pengorganisasian feminis, mendirikan Naree O Shongothok, atau  Bangladeshi Feminist Collective. Sejak itu, dia telah memperluas pengaruhnya, menyatakan pada September 2019 bahwa dia mencalonkan diri untuk Distrik 39 Brooklyn.

Kampanye Hanif berakhir pada Juli dengan kemenangan bersejarah. Itu dengan jumlah pemilih tertinggi di seluruh kota. Hasil pemungutan suara pilihan peringkat menghasilkan keunggulan 3.900 suara untuk Hanif atas kandidat tempat kedua Brandon West, (57 persen berbanding 43 persen).

Pemilihan Hanif memiliki banyak hal yang menjadi pertama. Dia adalah wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan NYC dan di antara kelompok pertama orang Asia Selatan di Balai Kota. Dia juga merupakan bagian dari 30 wanita yang terpilih ke Balai Kota, melampaui target 21 wanita terpilih untuk menjabat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement