Kamis 02 Sep 2021 09:23 WIB

New Istiqlal, Semangat Baru Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal mencanangkan 43 tiga program untuk menguatkan dan meluaskan perannya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (tengah) berfoto bersama Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar (ketiga kanan) didampingi sejumlah Pimpinan Badan Pengelola Masjid Istiqlal lainnya saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Rabu (1/9). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi jajaran Pimpinan Badan Pengelola Masjid Istiqlal bersama redaksi Republika sekaligus membahas tentang program keumatan di Masjid Istiqlal. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Prof Nasaruddin menyampaikan, ulama semakin berkurang untuk itu dibuat program kaderisasi ulama oleh Masjid Istiqlal. "Bayangan semakin hari semakin punah ulama-ulama, penggantinya tidak ada, makanya salah satu program ini melahirkan kembali ulama yang berkaliber nasional dan internasional," ujarnya.

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19, Masjid Istiqlal juga diminta menjadi model masjid dalam menangani pandemi Covid-19. Banyak masjid yang meminta contoh bagaimana pengelolaan masjid di era pandemi Covid-19 seperti sekarang.

photo

Petugas penyaluran zakat fitrah menyiapkan beras zakat fitrah untuk disalurkan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (12/5/2021). Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H panitia zakat Masjid Istiqlal menyalurkan zakat fitrah berupa beras kepada sejumlah yayasan di Jakarta dan sekitarnya serta warga di sekitar Masjid Istiqlal yang berhak menerima zakat. - (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Ia menjelaskan, masjid Istiqlal juga melakukan pelatihan, pengkaderan dan penataran. Selain itu memiliki majelis mudzakarah untuk menjawab setiap pertanyaan masyarakat.

"Setiap pertanyaan masyarakat kita jawab segera melalui tim pakar kita di Istiqlal, jangan biarkan masyarakat bertanya sekian hari tidak ada yang jawab, kasihan mereka nanti malah bertanya ke orang yang tidak tepat, maka Istiqlal hadir untuk jadi pelayan cepat untuk kebutuhan umat," jelasnya.

Terkait tagline New Istiqlal, Prof Nasaruddin menerangkan, tagline itu diambil karena infrastruktur bangunan masjid direnovasi besar-besaran. Selama 42 tahun baru kali ini mengalami renovasi besar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement