Sabtu 04 Sep 2021 02:34 WIB

Digitalisasi Kisah Perjuangan Muslimah Kulit Hitam di AS

Digitalisasi ini merupakan bagian dari upaya mengenalkan sejarah perjuangan muslimah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
I am a Muslim Too: Muslimah Amerika tengah shalat di sela unjuk rasa menolak kebijakan Anti Imigran Trump di Lapang Times Square New York, AS, (19/2) waktu setempat.
Foto:

Seorang Legenda Hidup

Abdul Khabeer secara resmi mulai mengerjakan koleksi artefak digital berbasis web yang terkait dengan kehidupan ibunya pada Musim Gugur 2019. Proyek ini membahas tentang kulit hitam, kewanitaan, dan persaudaraan dalam komunitas Islam di Amerika Serikat.

Pengisahan cerita dan pengarsipan telah lama menjadi bagian integral dari pekerjaannya sebagai akademisi-aktivis dan seniman, di mana ia mengungkap bagaimana orang kulit hitam berhubungan dengan imperialisme dan bagaimana budaya membentuk bagian dari perlawanan dan pembebasan kulit hitam.

Hal ini dapat dicontohkan dengan baik oleh buku terbarunya, Muslim Cool: Race, Religion, and Hip Hop in the United States (NYU Press, 2016), yang mengeksplorasi ras, agama, dan budaya populer melalui lensa hubungan antara Islam dan hip hop. 

Dia juga editor platform online, Sapelo Square, yang mengeksplorasi pengalaman dan lintasan Muslim Afrika-Amerika. Abdul Khabeer mengatakan wajar baginya untuk menyoroti sejarah keluarganya sendiri.

 “Amina adalah umi saya, ibu saya. Ibu saya adalah orang yang sehari-harinya menjadi seorang guru sekolah umum, aktivis komunitas, dan orang tua tunggal yang menjalani kehidupan yang luar biasa," kata Abdul Khabeer.

"Demikian pula, koleksi pribadi dan arsip keluarganya, yang mencakup ribuan barang yang berasal dari akhir tahun dua puluhan dan tersebar di berbagai benua, penuh dengan hal-hal yang luar biasa dan sehari-hari. Surat-surat dan barang-barangnya berbicara tentang kisah hidupnya, tetapi juga kisah-kisahnya dari banyak orang lain, terutama diaspora Afrika.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement