Sabtu 04 Sep 2021 02:34 WIB

Digitalisasi Kisah Perjuangan Muslimah Kulit Hitam di AS

Digitalisasi ini merupakan bagian dari upaya mengenalkan sejarah perjuangan muslimah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
I am a Muslim Too: Muslimah Amerika tengah shalat di sela unjuk rasa menolak kebijakan Anti Imigran Trump di Lapang Times Square New York, AS, (19/2) waktu setempat.
Foto:

Tujuannya adalah untuk menunjukkan Amatul Haqq sebagai manusia yang hidup, bersahaja, dan agar pengunjung online memahami manusia di balik gambar, catatan, video, dan artefak lain yang dipamerkan.

Bagian pertama dari arsip adalah garis waktu pernikahan orang tuanya, kelahirannya, dan kegiatan yang dia ikuti sebagai pianis dan siswa drama yang berprestasi. Kami juga belajar dari ceramah yang dia berikan setelah masuk Islam, dan hubungannya sebelum dan sesudah menjadi seorang Muslim.

Arsip tersebut menyoroti karya Amatul Haqq di komunitas Muslim sebagai anggota pendiri dan ketua Aliansi Wanita Muslim Timur Laut, dan dakwahnya (tindakan menyeru dan mengajak orang ke Islam) untuk Komite Aksi dan Sumber Daya Pendidikan Muslim, di mana dia mengajarkan tentang peran wanita dalam iman.

Karyanya sebagai pendidik dan aktivis melawan krisis tunawisma kota New York patut dicatat, sehingga dia dianugerahi hari peringatan di kota New York untuk “mempromosikan hak-hak perempuan, keadilan sosial, dan kerukunan ras” pada 16 September 2008.

Bagian kedua dari arsip mencakup serangkaian pameran yang berfokus pada tema-tema utama yang diangkat Abdul Khabeer tentang kehidupan pribadi ibunya, dari persaudaraan hingga cinta kulit hitam, pemberdayaan, dan patah hati.

Pameran lain yang saat ini aktif bertajuk Black Consciousness and Political Action, yang mengeksplorasi konsep Black Consciousness (mencerminkan kesadaran diri yang positif dan rasa pemberdayaan) dan jenis-jenis tindakan politik yang dilakukan Amatul Haqq untuk mencontohkan hal ini dan hubungannya dengan pan-Afrika.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement