Sabtu 04 Sep 2021 02:34 WIB

Digitalisasi Kisah Perjuangan Muslimah Kulit Hitam di AS

Digitalisasi ini merupakan bagian dari upaya mengenalkan sejarah perjuangan muslimah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
I am a Muslim Too: Muslimah Amerika tengah shalat di sela unjuk rasa menolak kebijakan Anti Imigran Trump di Lapang Times Square New York, AS, (19/2) waktu setempat.
Foto:

Cinta Hitam, Islam dan Persaudaraan

Pengarsipan berasal dari praktik silsilah yang lebih besar yang semakin populer di Amerika, dan khususnya AS, di antara orang-orang keturunan Afrika sejak tahun 1970-an. Namun prosesnya sering dirusak karena terganggunya garis keturunan keluarga yang menyertai praktik perbudakan barang.

Selain orang Afrika yang diperbudak terputus dari keluarga dan komunitas mereka di Afrika Barat dan Tengah, keluarga budak sering dipecah dan dijual ke perkebunan yang berbeda saat mereka tiba di “Dunia Baru”. Sebuah proses yang berlanjut lama setelah perdagangan budak transatlantik berakhir. 

Nama-nama keluarga budak tidak terdaftar dalam sensus AS sampai tahun 1870, lima tahun setelah perang saudara di negara itu mengakhiri perbudakan perkebunan secara definitif di negara tersebut. Setelah kehilangan warisan leluhur mereka, identitas inti Afrika mereka sangat terganggu.

 

"Orang-orang seperti saya yang berasal dari Generasi X, generasi yang lahir antara tahun 1965 dan 1980 semakin tua, dan kami harus merawat orang tua atau kehilangan orang tua, jadi berada di ruang itu mendorong orang untuk melakukan ini," kata Abdul Khabir. 

Ketika pengunjung pertama kali masuk ke UmisArchive.com, mereka akan disambut dengan rangkaian video sequence, yang dimulai dengan menampilkan Amatul Haqq sebagai seorang anak, menari dan bernyanyi bersama anggota keluarga lainnya, dan saat remaja, berdandan untuk kelulusan SMP-nya. Kemudian urutan beralih ke Amatul Haqq dalam penutup kepala, tersenyum ke kamera, sebagai wanita paruh baya dan kemudian di tahun-tahun berikutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement