Kamis 09 Sep 2021 01:28 WIB

Islam dan Tradisi Kuliner yang Pengaruhi Eropa

Gaya memasak yang dominan di dunia Islam dipengaruhi Dinasti Abbasiyah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Lamb chops merupakan hidangan daging domba yang disajikan bersama dengan tulannya (Foto: makanan Lamb Chops)
Foto:

Lalu bagaimana dengan India dan kulinernya?

Kuliner India benar-benar ibarat dunia yang terpisah, bahkan tanah yang hampir tersendiri. Dari Lembah Kashmir ke Cape Comorin, itu mencakup daratan seluas Eropa Barat. Bumi suci "Ibu India" memiliki lebih banyak populasi manusia daripada di Eropa Barat. Dengan begitu banyak tanah dan begitu banyak orang, tidak mengherankan jika ada keragaman makanan di sana.

Makanan India dan cara orang India menyajikannya telah berevolusi selama ribuan tahun. Sebaliknya, masakan Prancis yang sejati hanya berasal dari abad ke-18. Masakan India memiliki variasi dan kehalusan yang luar biasa sehingga hanya dapat disaingi oleh masakan China dan beberapa masakan Prancis. Dan, masakan India pun tidak hanya berdasarkan kari. 

Ada yang mengatakan bahwa kari India itu tidak benar-benar India dan orang India tidak menggunakan bubuk kari siap pakai. Kata "kari" muncul di India utara dan selatan. Bagi orang India, itu berarti hidangan sayuran atau daging dengan saus pedas, bukan hidangan kering. 

"Klaim bahwa orang India tidak pernah menggunakan bubuk kari siap saji mungkin benar, karena campuran kari digiling segar dan bubuk sisa disimpan untuk digunakan di masa mendatang," papar Lee.

Bubuk kari sangat bervariasi dalam kekuatan dan rasa. Umumnya, bubuk India lebih panas daripada yang sudah jadi yang bisa didapatkan di toko-toko. Semua bubuk kari India mengandung enam bahan yang sama: Ketumbar, kunyit, biji jinten, fenugreek, cabai, dan cabai rawit atau cabai.

 

 

 

 

Seperti di India, porsi setiap rempah bervariasi dari rumah ke rumah. Biasanya, lebih banyak ketumbar digunakan. Setelah enam bahan dasar tersebut, setidaknya ada 20 bahan lain yang digunakan dalam campuran bubuk kari. Ini termasuk biji mustard, adas manis, poppy, seledri dan jintan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement