Sabtu 18 Sep 2021 08:58 WIB

Warga Lari dari Panjshir: Semua Bisa Berubah Setiap Saat

Taliban Klaim kuasai Lembah Pansjir

Taliban Klaim kuasai lembah Pansjhir. (ilustrasi)
Foto:

Krisis ekonomi 

Pegawai pemerintah itu mengatakan orang-orang di Panjshir sedang berjuang untuk menemukan bahkan barang-barang pokok. Cerita telah kehabisan stok muncul dalam beberapa hari terakhir. Dia mengatakan bahkan membeli sesuatu yang sederhana seperti gula telah berubah menjadi perburuan di toko-toko yang sebagian besar kosong.

“Hanya ada satu toko yang masih memiliki gula, dan bahkan itu adalah harganya 600 uang Afghan (7 dolar AS) untuk tujuh kilo.” Untuk konteksnya, itu lebih dari dua kali lipat harga di kota-kota seperti Kabul.

Saat ini, Afghanistan menghadapi krisis likuiditas dan inflasi setelah badan-badan internasional memutuskan akses dana pemerintah sejak Taliban mengambil alih. Blokade dapat memperburuk krisis kemanusiaan di Panjshir.

Seorang dokter yang berbicara kepada Al Jazeera mengatakan rumah sakit di ibu kota provinsi, Bazarak, terpaksa ditutup atau beroperasi dengan persediaan terbatas. Dokter mengatakan rumah sakit darurat yang dikelola Italia adalah satu-satunya fasilitas kesehatan yang berfungsi penuh di provinsi tersebut.

“Kami hanya bisa merawat orang-orang dengan apa yang kami miliki, hanya dengan obat-obatan paling dasar dan beberapa persediaan untuk membalut dan menjahit,'' katanya.

Penduduk Panjshir mengatakan kepada Al Jazeera bahwa listrik telah terputus di sebagian besar provinsi dalam beberapa pekan terakhir. Kata dokter, kekurangan listrik menambah sulitnya merawat pasien. Dia mengatakan salah satu anggota keluarganya terluka dalam baku tembak dan dia berjuang untuk menemukan persediaan untuk mengobati lukanya.

“Bayangkan berapa banyak orang yang terluka tidak diobati, atau lebih buruk lagi, berapa banyak yang meninggal karena sesuatu yang biasanya bisa diobati dengan mudah,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement