Kamis 21 Oct 2021 17:47 WIB

Daftar Tunggu Calon Haji di Nunukan Sampai 35 Tahun

Kuota jamaah haji yang diperoleh setiap tahun kurang dari 100 orang.

Daftar Tunggu Calon Haji di Nunukan Sampai 35 Tahun
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Daftar Tunggu Calon Haji di Nunukan Sampai 35 Tahun

IHRAM.CO.ID, NUNUKAN -- Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kaltara, mengatakan  daftar tunggu calon jamaah haji (CJH) di daerahnya 35 tahun jika dilihat dari kuota yang diperoleh setiap tahun. 

Kepala Kemenag Nunukan Muh. Ramli melalui Kasi Haji dan Umroh Sayid Abdullah menyebutkan jumlah CJH yang sudah mendaftarkan sampai saat ini sebanyak 13.080 orang. Sementara kuota yang diperoleh setiap tahun kurang dari 100 orang.

Baca Juga

"Sampai hari ini jumlah CJH yang telah mendaftarkan diri di Kabupaten Nunukan sudah mencapai 13.080 orang jadi daftar tunggu mencapai 35 tahun," ujar dia, Kamis (21/10).

Ia pernah mengusulkan agar ada penambahan kuota agar umat Islam yang telah mendaftarkan diri tidak terlalu lama menunggu, namun tidak disetujui oleh pemerintah dengan alasan daerah lain pun pasti menginginkan seperti itu. Sementara kuota yang diperoleh Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi pun masih terbatas atau jauh dari harapan dibandingkan dengan total CJH yang telah mendaftarkan diri seluruh Indonesia.

 

Sayid mengharapkan CJH yang sudah mendaftarkan diri bersabar hingga masa giliran akibat dari terbatasnya kuota setiap tahun. Apalagi, dua tahun ditunda pemberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci karena pandemi Covid-19.

Jika Pemerintah Arab Saudi telah membuka ibadah haji pada 2022, maka tentunya CJH yang sempat tertunda tersebut diprioritaskan pemberangkatannya. Pendaftar ibadah haji di Kabupaten Nunukan sebagian berasal dari TKI yang bekerja di Sabah, Malaysia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement