Sabtu 23 Oct 2021 02:50 WIB

Lima Pesantren Ini Memenangkan Kompetisi Santri 4.0

RMI PBNU menggelar Award Kompetisi Santri 4.0

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto:

3. Ponpes Nuril Anwar: Santri Stream

Ponpes yang berlokasi di Purworejo ini masuk dalam tiga pemenang dari seluruh peserta Kompetisi Santri 4.0 sebagai urutan ketiga. Karyanya, aplikasi Santri Stream, berangkat dari problem ketika santri dan kyai hanya melakukan kegiatan mengaji antar-unit secara manual.

“Aplikasi ini untuk melakukan ngaji secara online. Pondok kami kebetulan punya cabang, dan Kyai menginginkan pengajian dari pondok induk bisa didengarkan pondok-pondok lain,” ujar Hidayat.

Terkait kerja sama RMI dengan AWS, ia mengatakan, “Untuk digarisbawahi, coding-coding AWS itu satu dari sekian banyak budaya digital yang mulai ditanamkan oleh RMI, itu yang saya syukuri,” ucapnya.

“Yang penting adalah menginspirasi santri di manapun bahwa kita bisa masuk di dunia digital. Yang membuat kami pede adalah karena (aplikasi) itu dibutuhkan,” imbuhnya.

 

4. Ponpes Sabilurrosyad: Ayo Ngabdi

Berbeda dengan tim lain, Ponpes Sabilurrasyod Malang menciptakan aplikasi bernama Ayo Ngabdi yang ditujukan untuk memudahkan santri dan alumni dalam melakukan pengabdian guna pemerataan pendidikan di Indonesia. Tim yang terdiri dari Sayyidati Fatimah Az-Zahro, Mahfudz Zamhari dan Muhammad Hasbi Assidiq ini menyederhanakan aplikasinya dengan berbasis pada website.

Dengan integrasi yang tepat, dapat dikatakan bahwa Ayo Ngabdi merupakan sebuah aplikasi yang responsif dan mudah digunakan. Dalam acara penghargaan tersebut, Hasbi mengucapkan rasa terima kasih kepada AWS dan tim berkat bimbingannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement