Kamis 11 Nov 2021 05:35 WIB

Blue Wolf, Aplikasi yang Digunakan Israel Intai Palestina

Blue Wolf adalah teknologi smartphone yang menangkap gambar warga Palestina

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Tembok yang dibangun Israel untuk memisahanwilayah palestina yang didudukinya denganwilayah yang disebutkan sebagai terotorial Israel. Pembangunan tembok seperti ini sudah dilakukan sejak 20 tahun silam.
Foto:

Bagaimana dengan White Wolf?

Selain Blue Wolf, ada juga White Wolf, sistem yang kabarnya dibuat pada tahun 2016 dan digunakan oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memindai kartu identitas Palestina dan memeriksanya terhadap basis data yang diakses oleh tentara Israel, intelijen Israel, dan departemen keamanan pemukiman. Israel mengatakan White Wolf digunakan untuk menggagalkan setiap serangan kekerasan Palestina terhadap pemukim atau pasukan tentara.

Dilansir Middle East Eye, Rabu (10/11), kota Hebron bukan satu-satunya wilayah Palestina yang diawasi ketat. Yerusalem adalah kota Palestina lain yang juga diawasi oleh Israel. Meskipun tidak ada laporan yang dikonfirmasi, jalan-jalan kuno dan lorong-lorong Kota Suci dipenuhi dengan kamera Israel.

Menurut laporan Who Profits yang diterbitkan pada tahun 2018, Israel telah memasang hampir 400 kamera di Yerusalem yang terhubung ke internet dan dapat berputar 360 derajat. Saat itu, ada kamera Israel untuk setiap 100 orang di Yerusalem yang berpenduduk 36 ribu jiwa di satu kilometer persegi.

Sistem pengawasan di Yerusalem diperkenalkan pada awal Intifada Kedua, bagian dari rencana yang disebut Mabat 2000. Mabat 2000 diberlakukan oleh polisi Israel, intelijen, dan perusahaan swasta. Ini memiliki jalur komunikasi langsung ke 800 petugas polisi dan bisa melihat 95 persen kota pada 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement