Kamis 11 Nov 2021 04:48 WIB

Palestina Cemaskan Upaya Pembongkaran Pemakaman Al-Yousufiya

Pemakaman Al-Yousufiya merupakan situs bersejarah Palestina.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Seorang wanita Palestina terlihat melawan polisi Israel yang mencoba mendorongnya dari batu nisan putranya yang terletak di pemakaman Al-Yusufiye, Yerusalem Timur, Senin (25/10). Alaa Nababta (54 tahun) tiba di kuburan setelah mengetahui rencana polisi Israel untuk menggali kuburan tersebut. Kru kotamadya Israel di Yerusalem dan Otoritas Alam Israel untuk mendirikan taman nasional Yahudi, kembali meruntuhkan bagian dari pemakaman Al-Yusufiye yang terletak dekat Masjid Al-Aqsa.
Foto:

Menurut sejarawan Palestina Amerika Rashid Khalidi, sebelum berdirinya Israel pada 1948, semua sumbangan keagamaan publik, termasuk masjid, gereja, kuburan dan tempat suci, berada di bawah kendali komunal.

Setelah 1948, dan penghancuran lebih dari 400 desa Palestina, semua harta wakaf Muslim di seluruh negeri diambil alih oleh Penjaga Properti Absen Israel.

 

Seiring waktu, properti didelegasikan ke Otoritas Tanah Israel, badan negara seperti Dana Nasional Yahudi, atau ditempatkan di tangan swasta. Akibatnya, banyak masjid, kuburan, dan tempat-tempat suci dinyatakan terbengkalai, dibatasi, atau digunakan secara sekuler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement