Jumat 12 Nov 2021 03:07 WIB

Perpustakaan Turki dan Gaung Peradaban Muslim Modern

Perpustakaan itu dibangun di atas lahan seluas 125 ribu meter persegi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
(Foto: Ilustrasi perpustakaan)
Foto:

Karena itu, perpustakaan hadir sebagai tempat untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai jenis buku dengan karakteristik eksklusif yang berkaitan dengan keuangan, manajemen, organisasi, pinjaman, gedung dan sebagainya.

Ada enam kata yang terkait dengan perpustakaan dalam sejarah Islam yaitu bayt (ruangan), khazanah (ruang), dar (rumah), hikmah (kebijaksanaan), ilm (pengetahuan) dan kutub (buku) yang menghasilkan kombinasi tujuh istilah. Turunannya ialah bayt hikmah, dar hikmah, khazanah hikmah, dar ilm, dar kutub, khazanah kutub dan bayt kutub, beserta istilah lainnya seperti bayt ilm dan khazanah ilm. 

Perpustakaan paling mulia dalam sejarah Islam adalah Bayt al-Hikmah di Baghdad, juga dikenal sebagai The House of Wisdom atau Perpustakaan Agung Baghdad, dan Dar al-Hikmah atau Hall of Wisdom di Kairo. Ada juga perpustakaan milik pribadi lainnya seperti Khazanah al-Hikmah milik al-Fath ibn Khaqan, perpustakaan Adud al-Dawla dan perpustakaan Khalifah al-Aziz Billah.

Perpustakaan pada awalnya sebagian besar dibangun baik di rumah orang kaya, bangsawan, istana kekhalifahan, atau tempat tinggal pejabat tetapi akhirnya, konsep pendanaan perpustakaan untuk kepentingan umum mulai berlaku. Hal itu didasari oleh kesadaran akan kebutuhan untuk menyebarluaskan ilmu, selain berbagi harta.

Padahal, perpustakaan dianggap sebagai salah satu tempat berlangsungnya proses belajar mengajar sebelum munculnya madrasah sebagai lembaga khusus untuk tujuan tersebut. Karena itu, perpustakaan dalam sejarah Islam tidak hanya berperan sebagai pusat koleksi, penyimpanan dan peminjaman buku tetapi juga untuk mendukung kegiatan ilmiah, selain menyediakan berbagai fasilitas seperti makanan, minuman, peralatan, akomodasi dan sebagainya kepada pengguna. sedang membutuhkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement