Sabtu 18 Dec 2021 22:55 WIB

Soal Israel, Trump: Yahudi Amerika tidak Peduli

Trump mengatakan masyarakat Yahudi Amerika 'tidak suka dengan Israel'.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Mantan Presiden Donald Trump tersenyum
Foto:

Salah satu faktor terkuatnya anggota-anggota parlemen Partai Demokrat dari sayap progresif seperti Ilhan Omar dan Rashida Tlaib. Mereka sangat vokal mengkritik bantuan militer AS ke Israel dan kebijakan pemerintah Israel terhadap rakyat Palestina.

Tlaib dan Omar melayangkan rancangan undang-undang dalam mendukung gerakan yang dipimpin rakyat Palestina. Yakni Boikot, Divestasi dan Sanksi atau yang dikenal DBS pada Israel. Tapi gerakan ini tidak mendapat banyak dukungan dari anggota Partai Demokrat lainnya. 

Banyak yang mengatakan Tlaib dan Omar mewakilkan sebagian kecil Partai Demokrat. Mayoritasnya masih berkomitmen pada dukungan AS ke Israel.

Pada awal tahun ini Kongres yang dikuasai Partai Demokrat meloloskan anggaran pertahanan yang sangat besar. Salah satunya untuk bantuan militer AS ke Israel untuk mengisi kembali rudal-rudal sistem pertahanan Iron Dome. 

Komentar Trump yang terbaru bukan kritik pertamanya pada masyarakat Yahudi Amerika. Pada tahun 2019 lalu saat masih menjadi presiden ia mengatakan orang Yahudi yang memilih Partai Demokrat bersalah atasu 'pengkhianatan' dan ketidaktahuan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement