Sabtu 18 Dec 2021 22:55 WIB

Soal Israel, Trump: Yahudi Amerika tidak Peduli

Trump mengatakan masyarakat Yahudi Amerika 'tidak suka dengan Israel'.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Mantan Presiden Donald Trump tersenyum
Foto:

Yahudi Amerika yang hanya berjumlah 2,4 persen dari populasi AS telah lama lumbung suara Partai Demokrat. Berdasarkan jajak pendapat  Pew Research Center pada tahun 2021 70 persen warga Yahudi AS mengidentifikasi diri mereka sebagai pemilih atau simpatisan Partai Demokrat.

Namun jajak pendapat yang sama menunjukkan tanda-tanda perpecahan di antara Yahudi Ortodoks, pemilih yang lebih muda dan kelompok cabang agama lain yang penganutnya semakin menua. Pada 2020 sekitar 75 persen orang Yahudi Ortodok mengidentifikasi diri sebagai pemilih Partai Republik dan banyak yang mendukung Trump.

"Di negara ini orang Kristen evangelis mencintai Israel lebih dari orang Yahudi,” kata Trump dalam wawancaranya dengan Ravid.

Kristen evangelis merupakan lumbung suara Trump yang membawanya memenangkan pemilihan 2016 dan sebagian besar memilihnya dalam pemilihan presiden 2020. Mereka dianggap pendukung kebijakan AS pada Israel walaupun jajak pendapat terbaru terdapat perubahan arah politik pada penganutnya yang masih muda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement