Senin 20 Dec 2021 03:40 WIB

Komunitas Muslim Siap Bangkitkan Kembali Michigan

Masa kejayaan Hamtramck tampaknya telah berlalu. Banyak pabrik telah tutup.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslim jadi wali kota di wilayah Deaborn, Deaborn Heights, dan Hamtramck.
Foto:

Hamtramck sekarang kembali bangkit. Angka sensus menunjukkan, salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Michigan. Imigran baru memperbaiki rumah bobrok, membuka toko dan restoran. 

"Malam ini adalah contoh nyata bahwa Impian Amerika hidup dan sehat di tanah peluang," kata Ghalib kepada kerumunan yang bersemangat, berkumpul untuk merayakan kemenangan telaknya dalam pemilihan awal November.  

Dia mengalahkan petahana, Karen Majewski, yang telah memegang jabatan itu selama 16 tahun. Hanya ada satu anggota kelahiran Amerika di dewan baru, Amanda Jaczkowski. Keluarga Polandia-Amerika-nya telah beribadah selama lima generasi di Gereja Katolik terdekat yang sama. Dia masuk Islam pada 2012.

photo
Amerika Serikat menetapkan 10 negara pelanggar kebebasan beragama - (Republika.co.id)

"Salah satu hal besar yang dikhawatirkan orang adalah kita akan menyingkirkan bar. Kita tidak bisa menyingkirkan bar," kata Jaczkowski. 

Jaczkowski mengungkapkan, dia dan rekan-rekan anggota dewan tidak ingin menyingkirkan bar, karena Islam melarang alkohol untuk penganut agama, tapi tidak untuk orang lain.

"Mereka belum tentu tempat buruk yang akan kita larang karena mereka (non-Muslim) tidak diharapkan untuk hidup di bawah aturan yang sama yang kita harapkan untuk hidup di bawahnya," katanya tentang bar dan pelanggan mereka. 

"Kami adalah Muslim. Kami bangga dengan keyakinan dan nilai-nilai kami. Tapi kami tidak akan mencoba memaksakannya pada orang lain," kata Ghalib, duduk di ruang dewan di balai kota, di mana dia akan segera memimpin.  

 

"Kami akan mengambil sumpah untuk melindungi Konstitusi Amerika Serikat. Dan Konstitusi Amerika Serikat mencakup pemisahan gereja dan negara," ucap Jaczkowski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement