Kamis 23 Dec 2021 05:15 WIB

Panduan Melakukan Ibadah Umroh

Umroh memiliki sejumlah ritual yang harus dilakukan secara berurutan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Panduan Melakukan Ibadah Umroh. Jamaah umroh sedang melakukan tawaf di Kabah.
Foto:

Setelah selesai tawaf, sholat dua rakaat di belakang Maqam Ibrahim (Mazmur Ibrahim) atau agak jauh darinya. Bacalah Surat Al-Kafirun (Surat 109) pada rakaat pertama dan Surat Al-Ikhlas (Surat 112) pada rakaat kedua. Air zamzam dianjurkan diminum setelah selesai tawaf dan sholat dua rakaat.

Selain itu, berhati-hatilah dengan hal-hal berikut.

  • Jangan berkerumun untuk mencium Hajar Aswad atau menyentuh sudut Yaman.
  • Pastikan Hijr Isma'il (Lingkar Isma'il – lengkungan antara sudut utara dan barat Ka`bah) termasuk dalam tawaf Anda.  Tempat ini dianggap sebagai bagian dari Ka'bah dan oleh karena itu keliling Anda harus berada di luarnya.
  • Jika Anda tidak dapat melakukan sholat dua rakaat setelah tawaf di Maqam Ibrahim, Anda dapat melakukannya di mana saja di masjid. Beberapa orang bersikeras melakukannya di Maqam, mengganggu kelancaran pergerakan jamaah lain. Ini bukan tindakan yang tepat.
  • Perhatikan juga bahwa yang wajib dalam tawaf hanyalah membuat tujuh putaran, dimulai dan diakhiri dengan Hajar Aswad dan menjaga Ka`bah di sisi kiri Anda.

Doa-doa yang disebutkan di atas, mencium Hajar Aswad atau menunjuknya, menyentuh sudut Yaman, berdoa dua rakaat setelah tawaf, dan sebagainya dianjurkan. Tawaf Anda tidak rusak jika Anda melewatkan salah satunya.

photo
Seorang polisi Saudi berdiri waspada di samping Al-Hajar al-Aswad, batu hitam, di kanan, peninggalan suci Muslim yang menurut tradisi Islam berasal dari zaman Adam dan Hawa, di Masjidil Haram, sehari sebelum haji tahunan haji, Sabtu, 17 Juli 2021. - (AP Photo/Amr Nabil)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement