Kamis 23 Dec 2021 05:15 WIB

Panduan Melakukan Ibadah Umroh

Umroh memiliki sejumlah ritual yang harus dilakukan secara berurutan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Panduan Melakukan Ibadah Umroh. Jamaah umroh sedang melakukan tawaf di Kabah.
Foto:

Lalu mulailah melakukan sa'i dengan berjalan kaki dari As-Safa ke Al-Marwah. Jarak antara kedua gunung tersebut sekitar 420 meter. 

Jika Anda seorang pria, disarankan Anda berlari kecil di antara dua tanda hijau. Saat mencapai Al-Marwah, naiklah, menghadap Ka`bah, dan ulangi apa yang Anda katakan di As-Safa. Anda sekarang telah menyelesaikan salah satu dari tujuh bagian sa'i.

Teruslah mengingat Allah dan berdoa kepada-Nya saat berada di antara As-Safa dan Al-Marwah. Ulangi langkah yang sama di masing-masing dari tujuh bagian. 

Pergi dari As-Safa ke Al-Marwah dihitung sebagai satu bagian, dan kembali ke Al-Safa adalah bagian lain. Sa'i dimulai dengan Al-Safa dan berakhir di Al-Marwah.

4. Mencukur atau memotong rambut

Tinggal satu langkah lagi, yaitu mencukur atau memotong rambut di kepala. Jika Anda seorang pria, Anda harus mencukur habis atau memendekkan rambut. 

Anda disarankan memendekkan rambut jika Anda berniat melakukan haji sesaat setelah umroh (tamattu'). Itu karena Anda akan mencukur atau memperpendeknya sebagai bagian dari haji. Jika Anda seorang wanita, Anda harus memotong sedikit rambut Anda. 

photo
Jamaah sedang melakukan Sai di jalur Sai di kaki Bukit Safa, Masjidil Haram. Di lokasi tersebut dahulu berdiri Darul Arqam yang digunakan berkumpul pemeluk awal Islam menghindari persekusi di Makkah. - (Republika/Fitriyan Zamzami)

 

https://aboutislam.net/shariah/special-coverage-shariah/hajj-and-umrah/hajj-guide-how-to-perform-umrah/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement