Rabu 02 Feb 2022 10:50 WIB

Perumpanaan Rasulullah Soal Persahabatan

Memupuk persahabatan adalah salah satu ciri orang yang beriman.

Sahabat, ilustrasi
Foto:

Doa Mustajab

Segala hal yang dilakukan seorang Muslim seyogianya dengan niat meraih ridha Allah SWT. Begitu pula dengan berteman. Salah satu ciri sahabat yang saleh ialah gemar mendoakan kawan-kawannya yang beriman.

Bahkan, munajat itu tetap mustajab, sedangkan sahabat yang didoakan tidak mengetahuinya. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi SAW, Sungguh, doa seorang Muslim kepada saudaranya pada saat saudaranya itu tidak mengetahuinya adalah mustajab.

Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya itu ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat itu akan berkata, 'Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi' (HR Muslim).

Berkumpul di Surga

Rasulullah SAW memberikan pesan, Setiap orang akan dikumpulkan bersama dengan orang yang ia cintai (HR Bukhari-Muslim). Maka, rawatlah persahabatan dengan orang-orang Muslim yang gemar di jalan kebaikan. Sebab, hal itu akan berfaedah kelak di hari akhir.

Beliau juga menuturkan, orang-orang mukmin akan gigih memohon kepada Allah agar saudara-saudaranya yang masih disiksa dikeluarkan dari neraka. Wahai Tuhan kami, mereka itu pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji, pintanya.

Para mukminin itu, atas izin Allah, mengeluarkan banyak sahabatnya yang telah dibakar api neraka. Maka, bersama-sama mereka semua masuk ke dalam surga- Nya. Hasan al-Bashri berkata, Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Sebab, mereka memiliki syafaat pada hari kiamat

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement