Ahad 13 Feb 2022 17:08 WIB

Putin Tuding Biden Beri Informasi Palsu tentang Invasi Ukraina

Putin menuding Joe Biden telah memberikan informasi palsu tentang invasi ke Ukraina.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Presiden Rusia Vladimir Putin.Putin menuding Presiden AS Joe Biden telah memberikan informasi palsu tentang invasi ke Ukraina.
Foto:

Sebelumnya penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, memperingatkan, intelijen AS menyatakan bahwa invasi Rusia dapat dimulai dalam beberapa hari. Tepatnya sebelum Olimpiade Musim Dingin di Beijing berakhir pada 20 Februari.

Para pejabat AS meyakini, mereka hanya memiliki beberapa hari untuk mencegah invasi dan pertumpahan darah besar-besaran di Ukraina. AS dan sekutunya NATO, tidak memiliki rencana mengirim pasukan ke Ukraina untuk melawan Rusia.

"Presiden Biden menjelaskan kepada Presiden Putin bahwa, Amerika Serikat tetap siap untuk terlibat dalam diplomasi, dalam koordinasi penuh dengan Sekutu dan mitra kami. Sementara kami sama-sama siap untuk skenario lain,” kata pernyataan Gedung Putih. 

 

Seorang pejabat senior pemerintah AS yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, panggilan telepon antara Biden dan Putin bersifat substantif. Tetapi tidak ada perubahan mendasar dalam dinamika yang telah berlangsung di perbatasan Rusia-Ukraina. Pejabat itu menambahkan, belum diketahui apakah Putin telah membuat keputusan akhir untuk melanjutkan aksi militer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement