Selasa 15 Feb 2022 06:19 WIB

Desa yang Hilang Kembali Muncul di Tengah Kekeringan

Aceredo, desa yang hilang kembali muncul di tengah kekeringan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Sisa-sisa Desa Aceredo yang hilang kembali terlihat saat kekeringan melanda Spanyol,
Foto:

Sejak bulan Oktober curah hujan di Portugal juga rendah. Lembaga cuaca nasional Portugal, IPMA mengatakan pada akhir Januari sekitar 45 persen daerah di negara itu mengalami kondisi kekeringan "ekstrim" atau "parah".

Curah hujan dari 1 Oktober hingga Januari di negara itu kurang dari setengah rata-rata empat bulan itu. Hal ini menjadi tanda peringatan pada petani yang kekurangan rumput untuk ternak mereka.

Kebakaran hutan dan kekeringan yang tidak biasa di utara Portugal telah terjadi pada musim dingin ini. Di selatan jangkrik sudah mulai bernyanyi dan nyamuk muncul pada malam hari. Tanda-tanda alam yang biasanya muncul menjelang musim panas.

IPMA tidak memprediksi apakah hujan akhirnya akan turun sebelum akhir bulan ini. Pakar iklim IPMA Vanda Pires mengatakan dalam 20 hingga 30 tahun terakhir kekeringan semakin sering terjadi di Portugal. Curah hujan rendah dan suhu udara semakin panas.

"Ini bagian dari konteks perubahan iklim," kata Pires.

Prediksi ke depan juga suram. Para ilmuwan memperkirakan pada akhir abad ini rata-rata curah hujan tahunan Portugal akan turun 20 hingga 40 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement