Jumat 24 Jun 2022 14:45 WIB

Saudi Targetkan Musim Haji 200 Bersih dan Ramah Lingkungan

Saudi beri perhatian masalah lingkungan dalam persiapan haji tahunan ini.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto:

Kepala Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci, Sheikh Abdulrahman Al Sudais, mengatakan pihak berwenang akan terus memastikan Dua Masjid Suci itu ramah lingkungan. Dia juga mendesak setiap pihak untuk mematuhi protokol lingkungan.

"Berurusan dengan lingkungan adalah tanggung jawab manusia dan Islam, sebagai agama, selalu peduli dengan lingkungan, kualitas, kesehatan, keselamatan, keamanan dan stabilitas," ucap dia.

Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian (Mewa) Saudi pekan lalu mengumumkan mereka memastikan tim dokter hewan bekerja untuk memeriksa domba yang akan dikorbankan di Hari Raya.

Tim yang ditugaskan sedang memeriksa apakah ada pelanggaran kesejahteraan hewan sebelum Idul Adha. Llebih dari 880.000 domba diperkirakan akan tiba di kerajaan minggu depan.

Kementerian juga mengatakan proses tersebut melibatkan tes laboratorium, untuk memastikan ternak bebas penyakit, sekaligus memastikan kesehatan dan keselamatan hewan melalui inspeksi sepanjang waktu. 

Sebagai bagian dari tindakan pencegahan Covid-19 yang diambil oleh otoritas Saudi, Mewa juga telah mulai memperkenalkan langkah-langkah untuk mencegah unta memasuki tempat-tempat suci selama musim haji.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement