Selasa 12 Jul 2022 21:42 WIB

Keunikan Khas Masjid Raya Aljazair

Masjid Raya Aljazair terbesar ketiga di dunia.

Masjid Agung Aljazair
Foto:

Rancang bangun Masjid Raya Aljazair tampak seperti perpaduan Masjid Nabawi dengan corak-corak khas arsitektur Maghribiyah dan India. Keserupaan dengan masjid di Tanah Suci terlihat dari bagian pelatarannya yang berbentuk persegi. Adapun ciri-ciri Maroko-nya mengemuka dari bentuk dan tampilan menaranya.Sementara itu, wujud kubahnya yang setengah- bola mengingatkan pengunjung akan ciri-ciri bangunan Islam di Anak Benua India.

Tidak sekadar anggun, tempat ibadah yang terdiri atas 37 lantai itu juga dibangun dengan kepekaan akan potensi bencana. Desainnya disebut-sebut mampu bertahan dari gempa bumi dengan kekuatan 9,0 magnitude. Di samping itu, strukturnya juga dibuat antikorosi.

 Di sisi interiornya, mata pengunjung akan dimanja dengan warna-warni mosaik yang apik.Ruangan utama memiliki 618 pilar yang berbentuk segi-delapan. Yang tidak kalah luar biasa, hiasan kaligrafi pada bagian dinding. Ornamen itu dibuat dengan bantuan sinar laser yang dipan carkan pada sisi sepanjang 6 km. Adapun kubah Masjid Raya Aljazair berdiameter 50 m. Dari dasar, ketinggiannya adalah sekitar 70 m.

 

"Dengan tinggi dua kali Monumen Nasional (Monas) Jakarta, fungsinya tidak sekadar hiasan

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement