Selasa 12 Jul 2022 21:42 WIB

Keunikan Khas Masjid Raya Aljazair

Masjid Raya Aljazair terbesar ketiga di dunia.

Masjid Agung Aljazair
Foto:

Bagi beberapa kalangan, Masjid Raya Aljazair merupakan salah satu proyek ambisius dari Abdelaziz Bouteflika.Ia merupakan presiden Aljazair yang menjabat selama dua dekade, yakni antara tahun 1999 dan 2019. Tokoh yang wafat pada 2021 itu turun dari kursi kekuasaannya setelah didemo kelompok-kelompok masyarakat yang tidak puas akan kepemimpinannya.

Masjid Raya Aljazair berdiri di atas lahan seluas 400 ribu m persegi. Lokasinya terletak di sekitar pesisir Laut Tengah, tidak jauh dari Pelabuhan Ardis. Dari bibir pantai, keindahannya tampak memesona dan megah. Menaranya yang menjulang tinggi bagaikan mercusuar yang memancarkan keindahan ke mana-mana.

Di masjid tersebut, ruang utama yang biasa dipakai untuk shalat mampu menampung hingga 37 ribu orang jamaah. Adapun bagian di pelatarannya memiliki kapasitas hingga 120 ribu orang. Tidak mengherankan bila tempat ibadah ini menjadi pilihan pertama bagi masyarakat dan para petinggi negeri untuk melaksanakan shalat hari raya.

Pelbagai fasilitas pendukung pun terdapat di sana. Sebut saja, lahan parkir yang dapat dihuni tujuh ribu unit kendaraan roda empat. Terdapat pula taman dan kolam air mancur di sekitar bangunan utama yang menambah keelokannya.Masjid tersebut dilengkapi pula dengan bangunan madrasah, perpustakaan, museum, pusat kesenian Islam, serta perumahan bagi para staf dan takmir.

Yang paling mengesankan di sana, barangkali, adalah menaranya. Dengan tinggi dua kali Monumen Nasional (Monas) Jakarta, fungsinya tidak sekadar hiasan. Menara Masjid Raya Aljazair menjadi tempat observasi benda-benda langit. Di bagian pucuknya, terdapat beberapa ruangan khusus untuk mengamati bintang- bintang dan planet-planet melalui teleskop.Tentunya, bagian itu amat berguna bagi para ahli falak, umpamanya, saat menjelang penentuan awal dan akhir bulan-bulan Hijriyah.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement