Sentuhan Peradaban Islam di Sisilia

Rabu , 21 Sep 2022, 20:20 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Sisilia, Italia.
Sisilia, Italia.

IHRAM.CO.ID, Ataullah Bogdan Kopanski dalam artikel Islam in Italy and Its Libyan Colony (720-1992) menulis, pemerintahan dinasti- dinasti Muslim di Sisilia sejak era Aghlabiyah hingga Emirat memperkenalkan banyak produk peradaban Islam.

 

Terkait

Pertama-tama, para penguasa Muslim menginisiasi reformasi agraria di sana.Dengan demikian, masyarakat dari kelas non- ningrat dapat memiliki atau mengolah tanah untuk penghasilan mereka sendiri. Dalam skala luas, pemasukan negara juga meningkat pesat, terutama dari sektor jizyah atau zakat.

Baca Juga

Orang-orang Arab juga membangun sistem irigasi yang lebih baik dibanding peninggalan Bizantium berabad silam. Mereka membuat sumur-sumur yang disebut qanatuntuk mengangkat air dari dalam ke permukaan tanah. Kemajuan dalam bidang pengairan pada gilirannya mendukung produktivitas pertanian dan perkebunan.

Kaum Muslimin, lanjut Kopanski, memiliki keahlian dalam bertani dan berkebun. Penduduk lokal Sisilia pun belajar banyak keterampilan menumbuhkan berbagai tanaman buah dan sayuran dari mereka. Di bawah pemerintahan bangsa Arab, orang-orang Sisilia mulai mengenal dan kemudian menghasilkan dengan baik jeruk, lemon, tebu, dan kacang pistacio.

"Inilah tonggak dimulainya pemerintahan Islam di Sisilia hingga 260 tahun."

 

sumber : Islam Digest
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini