Rabu 28 Dec 2022 16:25 WIB

Mengunjungi Kota Kuno AlUla di Arab Saudi, Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi terletak di AlUla.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Festival langit AlUla Moments yang bekerja sama dengan SAHAB (Federasi Balon Arab Saudi) telah memecahkan gelar Guinness World Records untuk Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia. Mengunjungi Kota Kuno AlUla di Arab Saudi, Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Foto:

2. Pengalaman bertani di Oasis

Di jantung Oasis AlUla, pengunjung dapat belajar tentang praktik pertanian berkelanjutan melalui lokakarya interaktif selama dua jam. Peserta akan mengetahui bagaimana para petani di kawasan ini memanfaatkan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang luas, untuk menjaga pertanian mereka tetap sehat dan produktif.

Di pertanian, para tamu dapat menemukan banyak panen jelai, gandum, oat, buah ara, zaitun, jeruk, rempah-rempah dan kurma. Mereka juga akan menemukan berbagai hewan ternak, termasuk kambing dan ayam.

Peserta juga bisa belajar lebih banyak tentang sejarah AlUla dan menggunakan keterampilan mereka sendiri untuk berkontribusi pada pemulihan oasisnya, dengan menanam benih dan bibit baru di kebun. Topik lokakarya meliputi restorasi pertanian, daur ulang sumber daya, persiapan lahan, budidaya tanaman, pembangunan kesuburan tanah, perbanyakan bibit di pembibitan tradisional, sumber daya air dan jenis sistem irigasi yang digunakan di AlUla.

Peternakan ini juga menawarkan makan siang yang lezat, makanan ringan, serta minuman untuk para tamu.

3. Balon udara panas

Pengalaman sekali seumur hidup terbang dengan balon udara tersedia bagi pengunjung AlUla selama Musim Dingin di Festival Tantora.

Pengunjung dapat terbang ke langit dan menikmati pemandangan panorama yang menakjubkan dari lanskap unik kota, dalam perjalanan balon udara selama 15 menit atau perjalanan balon udara bebas selama 45 menit, tergantung pada kondisi cuaca.

4. Petualangan dan pengalaman luar ruangan

Tidak ketinggalan, AlUla menawarkan pengalaman luar ruangan yang mendebarkan bagi para pelancong. Hal ini cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran di Adventure Hub.

Pengunjung dapat memompa adrenalin mereka dengan ziplining melintasi pegunungan, bersepeda dengan pemandu melalui bukit pasir, atau menyatu dengan alam selama mendaki melalui formasi bebatuan dan lembah tersembunyi AlUla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement