Senin 28 Oct 2013 08:33 WIB

Tiga Maskapai Ini Siap Bersaing Jadi Operator Penerbangan Haji Tahun Depan

Air Asia. Ilustrasi
Foto: Air Asia
Air Asia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dibukanya tender operator pelaksana  penerbangan haji tahun depan membuat maskapai penerbangan lebih menyiapkan diri untuk berkompetisi.

Wakil Presiden urusan Haji Garuda Indonesia Hady Syahrean mengatakan, pihaknya siap bersaing dengan maskapai lainnya seperti yang sudah dilakukan tahun sebelumnya.

"Tahun ini kami bersaing dengan maskapai Saudi Arabian Airlines dan faktanya, Saudia hanya berani bermain untuk pengangkutan jamaah di embarkasi tertentu saja," katanya.

Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia dan Aviastar Mandiri juga akan mengajukan penawaran menjadi operator pelaksana angkutan udara haji pada tahun depan menyusul belum terpenuhinya persyaratan pada tahun ini.

Manager Corporate Communication Indonesia AirAsia Audrey Progastama Petriny mengungkapkan pihaknya mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk ikut tender tahun depan.

Commercial Manager Aviastar Mandiri Petrus Budi juga mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan penawaran angkutan haji tahun depan jika Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan membuka kesempatan.

Pada tahun ini ada empat syarat utama menjadi operator angkutan udara haji yakni pertama, pesawat udara yang dioperasikan minimal produksi 1995 ke atas kecuali jenis Boeing 747 minimal produksi 1991.

Kedua, pesawat juga memenuhi standar kelaikan udara sesuai dengan peraturan penerbangan sipil negara asal pesawat didaftar. Ketiga, maskapai menyampaikan data pesawat dan dokumen penyewaan pesawat udara.

Terakhir, pemeriksaan kelaikan pesawat udara yang akan digunakan berdasarkan peraturan keselamatan penerbangan sipil Indonesia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement