Ahad 27 Sep 2015 13:36 WIB

300 Jamaah Iran Dituduh Sebabkan Tragedi Mina

Rep: c39/ Red: Angga Indrawan
Korban insiden Mina mencapai 700 lebih jamaah haji dari berbagi negara.
Foto: Reuters
Korban insiden Mina mencapai 700 lebih jamaah haji dari berbagi negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Berbagai umat Islam di dunia menyayangkan ratusan korban yang jatuh dalam tragedi Mina. Sampai saat ini penyelidikan kasus tersebut masih berlanjut. Namun, seorang pejabat Iran telah membenarkan bahwa jamaah Iran telah sebabkan terjadinya tragedi Mina.

Dilansir Arabnews, Ahad (27/9), seorang pejabat Iran telah mengonfirmasi bahwa sekitar 300 jamaah Iran yang datang dari arah berlawanan telah menyebabkan bentrokan itu terjadi. 

Pejabat Iran kepada suratkabar Asharq Al-Awsat mengatakan, pelanggaran dimulai ketika 300 jamaah Iran mulai bergerak dari Muzdalifa langsung menuju Jamarat. “Bukannya pergi ke kamp mereka terlebih dulu untuk menunggu waktu kelompok mereka untuk bergerak, justru mereka langsung bergerak ke arah yang berlawanan di jalan 203, di mana insiden menyakitkan itu terjadi,” kata Asharq.

Surat kabar itu merujuk hasil rekaman sebuah kamera di Jamarat, yang mengungkapkan perincian insiden itu dan menegaskan kelompok Iran salah langkah dalam tragedi tersebut. Sebenarnya, saat insiden terjadi adalah waktu bagi jamaah Turki untuk melempar kerikil.

Sumber tersebut mengatakan, ada rencana yang telah ditetapkan untuk jamaah haji yang dilaksanakan secara menyeluruh dengan bantuan instansi pemerintah dan Kementerian Dalam Negeri. Tapi, ada beberapa kelompok yang tidak mematuhi aturan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement