Rabu 14 Oct 2015 05:50 WIB

Keluarga Korban Mina Bisa Ziarah ke Makkah

Kamar jenazah di Mina
Foto: Republika
Kamar jenazah di Mina

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Keluarga korban tragedi Mina bisa menziarahi makam anggota mereka yang meninggal dalam peristiwa yang terjadi pada tanggal 24 September 2015.

"Kami memiliki catatan yang lengkap dari pihak Al Mu'ashim (pemulasaran mayat), tidak hanya nomor jenazah, tapi juga nomor makam," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Arsyad Hidayat di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (13/10) waktu setempat.

Hal itu sengaja dilakukan, kata dia, agar bila ada keluarga dari jamaah yang meninggal dalam peristiwa Mina ingin ziarah bisa langsung ke makam di sisi kanan, pemulasaran mayat Al Mu'ashim, Mekkah. "Jika ada kesempatan keluarga berhaji atau umrah dan ingin ziarah, mereka bisa catat nomor makamnya, agar mereka tidak putus ikatan terhadap keluarga yang jadi korban Mina," kata Arsyad.

Sampai Selasa pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berhasil mengidentifikasi 127 jamaah Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina. Mereka terdiri dari 122 jamaah yang berangkat dari Tanah Air dan lima jamaah yang merupakan WNI mukimin di Arab Saudi.

"Masih ada dua jamaah yang dilaporkan hilang belum kami temukan. Besar harapan kami mereka masih hidup," ujar Arsyad.

Diakuinya, tim perlindungan jamaah Daker Makkah sebenarnya telah menemukan dua jenazah yang memiliki kemiripan dengan jamaah Indonesia yang dicari, namun setelah ditelusuri secara seksama melalui dokumen yang ada di Al Mu'ashim, ternyata keduanya warga negara Cina. "Kami harus yakin betul sebelum informasi (kematian jamaah) disampaikan, agar valid dan bernilai," kata Arsyad.

 
 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement