Kamis 25 Aug 2016 18:00 WIB

Petugas Dapati Mukimin Jadi Joki Hajar Aswad

Rep: Didi Purwadi/ Red: Agung Sasongko
Hajar Aswad
Foto: Prasetyo Utomo/Antara
Hajar Aswad

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Petugas Sektor Khusus (Seksus) Daerah Kerja (Daker) Makkah menemukan adanya mukimin yang bekerja sebagai joki Hajar Aswad. Namun, keberadaannya dinilai masih belum mengganggu atau merugikan jamaah.

‘’Joki Hajar Aswad yang kami ketahui seperti itu (tidak merugikan jamaah). Ketika kami dalami, selama ini belum ada jamaah yang jadi korbannya,’’ kata Wakil Kepala Sektor Khusus Daker Makkah, Harun Al-Rosyid, saat ditemui di kantor Seksus Daker Makkah di Masjidil Haram, Makkah, Rabu (24/9).

Harun mengatakan kasus joki Hajar Aswad yang ditemukan oleh petugas Seksus adalah jamaah dan mukimin sama-sama ikhlas. Jamaah dibantu lalu memberikan imbalan seikhlasnya.

‘’Kalau kasusnya membantu dan diberikan imbalan alakadarnya, itu memang ada,’’ katanya. ‘’Mereka ikhlas sama ikhlas.’’

Namun demikian, Harun mengatakan petugas Seksus tetap terus memantau kemungkinan adanya joki nakal. Petugas terus memantau jamaah apakah ada yang menggunakan jasa joki Hajar Aswad lalu diperas ratusan riyal. ‘’Selama ini kasus seperti itu belum terjadi,’’ katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1437H/2016M, Ahmad Dumiyati Basori, mengapresiasi kerja keras petugas Seksus Masjidil Haram yang luar biasa. Mereka berhasil menemukan dan menangani joki untuk mengecup Hajar Aswad.

‘’Ini merupakan kerja Seksus yang luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih bagi petugas Seksus yang bertugas di Masjidil Haram ini,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement