Rabu 28 Dec 2016 16:42 WIB

Nabi-Nabi yang Diutus di Makkah

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Kota Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Saleh AS adalah putra Ubai bin Asif bin Masih bin Ubaid bin Hadzir bin Tsamud bin ‘Amir bin Iram bin Sam bin Nuh AS. Nabi Saleh AS diperkirakan hidup pada 2150-2080 SM. Dan diutus menjadi nabi sekitar tahun 2100 SM dan wafat di Makkah.

Nabi Saleh diutus di kawasan Al-Hijr (antara Makkah dan Madinah). Perkampungan tempat diutusnya kini disebut juga dengan nama Madain Saleh. Namanya disebut dalam Alquran sebanyak sembila kali.

Nabi Saleh AS diberikan sejumlah kemukjizatan, salah satunya berupa unta betina. Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Saleh. Ia berkata, Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih. (QS Al-A’raf [7]: 73.

Namun, umatnya mendustakannya dan bahkan membunuh unta betina tersebut. Dan pada (kisah) kaum Tsamud ketika dikatakan kepada mereka, ‘Bersenang-senanglah kalian sampai suatu waktu’. Maka, mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhannya, lalu mereka disambar petir dan mereka melihatnya. Maka, mereka sekali-kali tidak dapat bangun dan tidak pula mendapat pertolongan. (QS Adz-Dzariyat [51]: 43-45).

Kaumnya sangat pandai memahat gunung dan bukit lalu menjadikannya sebagai rumah atau tempat tinggal. Karya kaum Nabi Saleh hingga kini dapat disaksikan di Madain Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement