Rabu 28 Dec 2016 16:42 WIB

Nabi-Nabi yang Diutus di Makkah

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Kota Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Ismail AS adalah putra Nabi Ibrahim AS dari istrinya yang bernama Siti Hajar. Beberapa waktu setelah dilahirkan, Ibrahim AS mengajak istrinya Siti Hajar dan Ismail ke Makkah. Ibrahim ditugaskan oleh Allah untuk menyempurnakan pembangunan Ka’bah (baitullah).

Kisah Nabi Ismail dan Ibrahim AS, dalam beberapa perbuatannya, hingga kini terus berjalan dan dilaksanakan mayoritas umat Islam, terutama dalam pelaksanaan ibadah haji.

Sami bin Abdullah al-Maghluts menyebutkan, Nabi Ismail AS diperkirakan hidup pada 1911-1774 SM. Namun, ia baru diutus menjadi nabi dan rasul pada 1850 SM. Ia diutus di wilayah Makkah al-Mukarramah. Kaumnya disebut dengan nama Al-Amaliq dan kabilah-kabilah Yaman.

Sejak kecil, Allah telah memuliakannya dengan memancarkan air Zamzam yang penuh berkah dari bawah telapak kakinya. Dia sangat penyabar, pemberani, dan menepati janji.

Allah berfirman, Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Alquran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. Dan ia menyuruh ahlinya (umatnya) untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya. (QS Maryam [19]: 54-55).

lam Masjid Nabawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement