Selasa 20 Jun 2017 16:18 WIB

Biaya Haji Tinggi, Ulama Kritik Pemerintah Nigeria

Rep: Admin Jakarta/ Red: Agung Sasongko
jamaah haji nigeria
Foto: AFP
jamaah haji nigeria

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Direktur Administrasi Dewan Tinggi Urusan Islam Nigeria (NSCIA) Ustaz Isa Okonkwo menyalahkan pemerintah atas tingginya biaya haji Nigeria.

Dilansir dari dailytrust.com.ng, Senin (19/6) masalah tingginya biaya haji, Okonkwo meminta agar pemerintah melakukan konsultasi dan memikirkan langkah-langkah strategi untuk menurunkan biaya haji 2017.

Menurut dia, selama ini muslim Nigeria tidak pernah menuntut adanya layanan khusus untuk haji. Karena berhaji merupakan sebuah tugas keagamaan yang menjadi tanggung jawab setiap muslim.

Apapun kontrak yang mereka janjikan bagi wisatawan Nigeria juga harus diberikan bagi jamaah haji Nigeria. "Oleh karena itu NSCIA menilai bahwa ongkos haji yang ditetapkandapat dikurangi, jika semua pihak benar-benar mencari solusi dan strategi yang tepat,"jelas dia.

Menurut dia seharusnya Pemerintah Federal Nigeria harus menyerahkan penyelenggaraan haji kepada NSCIA kecuali masalah konsuler dan keamanan. Menurutnya pemerintah harus bertanggung jawab untuk penetapan biaya tinggi tersebut.

Haji tidak boleh dikomersialisasikan dengan mengorbankan masyarakat yang berjuang untuk memenuhi kewajiban agama mereka. Seharusnya Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) bisa menekan biaya haji semurah mungkin dengan layanan haji nyaman dan aman.n Ratna Ajeng Tejomukti

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement