Jumat 23 Mar 2018 15:40 WIB

Pakistan Subsidi Biaya Haji

Kebijakan ini merupakan respons atas penambahan pajak layanan di Arab Saudi.

Haji Pakistan
Foto: thenewsteller
Haji Pakistan

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Pemerintah Pakistan memutuskan untuk memberikan subsidi pada pelaksanaan haji tahun ini, Jumat (23/3). Subsidi sebesar 3,5 triliun rupee tersebut khusus untuk skema haji pemerintah.

Kebijakan ini merupakan respons atas penambahan pajak layanan di Arab Saudi sebesar lima persen. Pemerintah Pakistan memutuskan akan membayarkan biaya tambahan pajak ini daripada memintanya dari jamaah.

Sebagai rincian, pemerintah akan memberikan subsidi sebesar 32 ribu rupee per jamaah. Sumber dari Kementerian Agama mengatakan pemerintah telah sebelumnya berdiskusi dengan pemerintah Saudi.

Awalnya, Saudi meminta pajak sebesar 50 ribu rupee per jamaah Pakistan. Namun setelah negosiasi, akhirnya pemerintah Saudi sepakat menurunkannya menjadi 32 ribu rupee per jamaah.

Sumber yang tidak disebut namanya ini menyebut kebijakan subsidi adalah perintah langsung dari Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi. "Setelah negosiasi, PM langsung meminta Kementerian Agama untuk membayarkan pajaknya," katanya dilansir The Nation.

Jika 67 persen jamaah pergi haji dalam skema reguler pemerintah, maka dana subsidi yang diperlukan sekitar 3,84 triliun rupee. Kementerian telah mengajukan proposal untuk peningkatan biaya haji namun tidak dikabulkan.

Pakistan akan mengirimkan total sekitar 184.210 jamaah tahun ini. Sebelumnya, Kebijakan Haji 2018 yang disahkan oleh pemerintah federal hanya menyebut 179 ribu kuota. Namun sumber dari Kementerian menyebut pemerintah Saudi Arabia telah menambah 5.000 kuota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement