Senin 05 Aug 2019 13:34 WIB

Kemenkes Saudi Perkenalkan Teknologi Robot di Musim Haji

Robot ini melayani konsultasi medis di rumah sakit.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Haji
Foto: AP/Hassan Ammar
Haji

IHRAM.CO.ID, JEDDAH --  Kementerian Kesehatan Saudi perkenalkan teknologi robot selama musim haji ini untuk melayani konsultasi medis di rumah sakit di Mina, dan karavan medis.

Dilansir di arabnews, Senin (5/8) Teknologi baru ini memberikan layanan konsultasi medis dari setiap wilayah di seluruh Saudi. Layanan ini digunakan secara virtual menggunakan teknologi 4G di rumah sakit mana pun di Mina.

Baca Juga

Sebuah pernyataan pada Saudi Press Agency mengatakan,Kementerian telah melatih staf medis dari Riyadh dan Jeddah untuk menggunakan teknologi ini.

Teknologi robot mencakup alat, seperti kamera khusus untuk memeriksa mata dan telinga. Kamera tersebut juga dapat digunakan untuk memeriksa kulit.

 

Teknologi ini bertujuan agar dokter dapat mendiagnosis pasien dan memberikan konsultasi dengan cepat dan akurat.

Selain teknologi robot, sejumlah invosasi telah digulirkan Saudi guna meningkatkan layanan haji. Seperti Fast Track untuk mempercepat kedatangan jamaah haji. Jugakota kota pintar terintergrasi dengan IT, transportasi, fasilitas rumah sakit mewah. Selain itu, bangunan permanen bertingkat di Mina dan wacana sa'i atau thawaf dengan eskalator.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement