Selasa 04 Feb 2020 21:38 WIB

115 Calhaj Barito Utara Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan calon haji dilaksanakan di Balai Antang Muara Teweh.

Pemeriksaan Kesehatan Haji. Foto (Ilustrasi)
Foto: Dok Puskes Haji
Pemeriksaan Kesehatan Haji. Foto (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 115 calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua. Pemeriksaan kesehatan calon haji dilaksanakan di Balai Antang Muara Teweh, Selasa (4/2).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo mengatakan pemeriksaan kesehatan calon haji Barito Utara tahap dua itu pada intinya untuk menjaga kesehatan mereka agar tidak terganggu saat menjalankan ibadah haji mendatang.

Baca Juga

"Kementerian Kesehatan RI menekankan untuk melakukan pemeriksaan beberapa kali. Dan nanti ada lagi pemeriksaan untuk tahap ketiga kalinya. Untuk tahap ketiga nanti akan ada pemberian vaksin meningitis terhadap jamaah,” kata dia.

Dia mengatakan vaksin meningitis wajib untuk semua calon haji. Selain itu, katanya, nantinya ada juga tes kebugaran agar para calon haji menjaga kebugaran fisik saat melakukan ibadah.

Ia menjelaskan pemeriksaan lanjutan itu guna melihat kondisi kesehatan para calon haji seperti hipertensi, gula darah, dan kemungkinan penyakit lain. "Hal tersebut guna menjaga kesehatan calon haji agar nantinya dapat berangkat dalam kondisi prima agar dapat menjalankan rukun haji dengan baik," kata dia.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Sampurna Murniaty mengatakan pemeriksaan kesehatan pada hari ini, yaitu pemeriksaan penunjang (sampel darah calon haji diperiksa di laboratorium), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan dimensia.

"Pemeriksaan dimensia ini sangat penting kita laksanakan, karena para jamaah yang usia tua sering yang namanya lupa, sedangkan untuk vaksin meningitis akan diberikan pada bulan Maret nanti," ucapnya.

Pada pemeriksaan kesehatan calon haji Barito Utara itu, pemberi materi Kasi Survelan, Imunisasi, dan Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Barito Utara Basirun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement