Jumat 02 Apr 2021 06:49 WIB

Zubayda dan Proyek Saluran Air Bersejarah di Makkah

Proyek Saluran Air Bersejarah di Makkah

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Subarkah
Jalur Zubaida mewakili nilai sejarah yang besar sebagai jalur dan jalur utama untuk ziarah dan perdagangan sejak awal Islam.
Foto:

Amalnya terus berlanjut bahkan setelah kematiannya, dan perhatian itu datang dari ziarah berulang kali dari kota Baghdad ke Makkah.

Zubayda mempertimbangkan penderitaan para jamaah di jalan itu, terlepas dari semua layanan yang diberikan oleh Kekhalifahan Abbasiyah saat itu.

Lady Zubayda melakukan haji lebih dari sekali dengan suaminya, Khalifah Harun Al-Rasyid. Haji pertamanya adalah pada tahun 173 H / 790M, kemudian dia melakukan haji pada tahun 175 H / 792 M.

Selama haji itu, dia mempertimbangkan kekurangan air di Mekkah, jadi dia memerintahkan untuk mengebor sumur dengan biayanya sendiri.

Kemudian dia melakukan haji pada tahun 176 H / 793 M, di mana Zubayda tertarik untuk mendirikan bengkel dan kolam di Jalan Haji.

Tampak jelas bahwa karena seringnya naik haji, Zubayda merasakan kesulitan di jalan, kelangkaan air di sepanjang jalan dan terutama di Masjidil Haram di Makkah. Ini mendorong dedikasinya untuk menyelesaikan masalah ini sebagai pemenuhan kewajiban amalnya.

Kepemimpinannya tercatat untuknya di dalam Masjidil Haram di Makkah dan ketenarannya menyebarkan peziarah dari berbagai wilayah dunia Islam.

Salah satu proyek besarnya adalah membawa air ke Makkah. Pada 194 H / 809CE dia membangun sebuah kolam, yang dikenal sebagai Birkat Um Jafar. 

Dia mengambil air dari mata air Hil. Ini adalah tugas yang sangat menantang karena air harus melintasi pegunungan Makkah.  

Proyek Zubayda berhasil membawa air ke kolamnya dari mata air Al-Hal (seperti mata air Al-Mashash), yang darinya saluran air sepanjang dua belas mil dibangun untuk memberi makan tiga kolam di Makkah.

Ia juga menggali sejumlah waduk penampung air hujan. Ia juga berhasil mendatangkan air dari mata air Honeen yang bersumber dari gunung yang tinggi dan air mengalir ke Ha'it (pagar) di Honeen.

Jadi dia membeli pagar dan membangun kolam, kemudian menggunakan tembok untuk membangun bendungan tempat air wadi dikumpulkan.  

Al-Azraqi menamai mata air tersebut sebagai: Ain Maymona, Ain Za'faran, Ain Al-Burood, Ain Al-Sarafa (al-Tarfi), Ain Al-Thuqba dan Ain Al-Khiraibat.

Untuk mempertahankan karya-karya ini secara berkelanjutan, Zubayda mendirikan dana abadi dalam bentuk beberapa kebun buah yang cukup besar yang pendapatan tahunannya diperkirakan mencapai tiga puluh ribu dinar.  

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement