Jumat 02 Apr 2021 06:49 WIB

Zubayda dan Proyek Saluran Air Bersejarah di Makkah

Proyek Saluran Air Bersejarah di Makkah

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Subarkah
Jalur Zubaida mewakili nilai sejarah yang besar sebagai jalur dan jalur utama untuk ziarah dan perdagangan sejak awal Islam.
Foto:

Selain semua proyek air ini, dia juga memerintahkan pembuatan saluran air untuk membawa air dari ujung Wadi Al-Nu`man ke tempat yang disebut Al-Awher; dari sana ke Jabal Al-Rahmah lalu ke Muzdalifa dan dari sana ke Mina, di mana ia menuangkan ke dalam sumur yang cukup besar yang disebut Bi'r Zubayda (Sumur Zubayda).

 

Perlu dicatat bahwa jalan ini tidak hanya digunakan untuk haji, melainkan untuk penggunaan lain, karena merupakan jalur perdagangan yang menghubungkan Levant dan Jazirah Arab.  

 

Jalan itu juga merupakan jalan militer yang diambil oleh tentara Arab Islam, selain siswa yang pergi ke Makkah untuk bertemu dengan para ulama yang menghadiri musim haji dari seluruh wilayah dunia Islam.

 

Jalan Zubayda bermanfaat bagi para jamaah dari Irak serta mereka yang berasal dari Timur Dunia Muslim. Jalannya panjang dan gersang dan telah melayani banyak jamaah dan pelancong lainnya.

 

Sebelum Zubayda, khalifah Abbasiyah, wanita dan negarawan mereka memperhatikan perawatan dan pemeliharaan jalan jamaah. Adanya Jalan Zubayda ini jauh melebihi segalanya, oleh karena itu sejarah mengabadikannya dengan menamai jalan haji terpenting di dunia Islam dengan namanya.

 

Tampaknya penamaan jalan itu berdasarkan fakta bahwa pekerjaannya di sana, dari segi ukuran dan kualitas, adalah yang terakhir, jadi tetap digunakan sebagai landmark. Lebih penting lagi, membawa air ke Masjidil Haram di Makkah (proyek air Makkah) sangat penting dan belum pernah terjadi sebelumnya. Ini membuat nama dan prestasinya populer di kalangan jamaah haji dan melalui mereka di wilayah Islam. Akibatnya, jalan Kufa-Makkah dikenal sebagai Darb Zubayda.

 

Jalan tersebut merupakan bagian penting dari era itu dalam peradaban Muslim.

Sayangnya, fitur arkeologisnya sekarang mengalami kelalaian dan kepunahan.

Ini tidak diragukan lagi merupakan monumen manusia yang berharga dan layak mendapat perhatian dari organisasi Warisan Dunia dan negara-negara Teluk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement