Selasa 04 May 2021 08:10 WIB

Taif, Kota Seribu Bunga Mawar

Mawar Taif adalah jantung dari identitas estetika kota.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Taif, Kota Seribu Bunga Mawar. Perkebunan bunga mawar di Taif, Arab Saudi.
Foto:

Khaled Al-Amri, seorang peneliti dan spesialis mawar Taif, mengatakan kepada Arab News bahwa Taif dikenal dengan mawarnya di Arab Saudi dan di seluruh dunia. “Perkebunan mawar di Taif menghasilkan hampir 800 ton air mawar setiap tahun dengan 40 ribu tola minyak mawar. Setiap tola terbuat dari 12 ribu mawar dan dijual seharga 1.500 riyal (400 dolar AS)," ujar Al amri.

Taif adalah rumah bagi 2.000 perkebunan mawar. Letaknya 1.900 meter di atas permukaan laut, memberikan suasana yang ideal bagi mawar untuk tumbuh.

Namun, sangat penting untuk mencari perkebunan mawar terbaik yang letaknya jauh dari polusi. Gunung Al-Shafa adalah salah satu lokasi terbaik mengingat wilayah pertaniannya yang luas terletak jauh dari jalan utama dan permukiman. Mawar di sana memiliki aroma yang lebih kuat.

"Mawar Taif sangat sensitif dan karenanya, membutuhkan lingkungan pertanian yang tepat. Sebanyak 10 ribu mawar di Al-Shafa cukup untuk membuat satu tola, tidak seperti mawar dari pertanian Taif lainnya, di mana 15 ribu diperlukan untuk membuat satu tola,” kata dia.

Ini membuktikan perlunya menyediakan lingkungan yang memadai untuk mawar tersebut. Al-Amri menuturkan mawar ditanam setiap tahun pada awal musim Al-Tarf, salah satu musim tanam yang mendorong dahan untuk berbuah mawar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement