Jumat 07 May 2021 09:04 WIB

Tingkat Hunian Hotel Makkah Naik 30 Persen

Makkah adalah urat nadi utama hotel-hotel di Arab Saudi.

Tingkat Hunian Hotel Makkah Naik 30 Persen. Hotel di Makkah.
Foto:

Dia mencatat harga rata-rata sebuah kamar dalam 20 hari pertama Ramadhan adalah 1.300 riyal, meningkat menjadi rata-rata 1.900 riyal dalam 10 hari terakhir bulan suci. Hotel Khanfar menawarkan diskon 50 persen kepada praktisi kesehatan sebagai pengakuan atas upaya besar mereka dalam memerangi virus - upaya bergema dalam kinerja Kerajaan secara keseluruhan dalam menangani pandemi.

Warga Saudi dan ekspatriat biasa menghabiskan 10 hari terakhir bulan suci di Makkah untuk beribadah, tetapi banyak dari mereka menahan kebiasaan itu sejak pandemi dimulai. Ahmed Al-Ghamdi, seorang pemilik kafe Jeddah, mengatakan kepada Arab News: “Sebelum pandemi, saya ingin sekali melakukan umroh pada 10 hari terakhir setiap Ramadhan, terutama pada malam ke 27, yaitu saat Laylat Al-Qadr (Malam Hari)”.

Dia menambahkan bahwa Masjidil Haram biasanya akan menampung ratusan ribu jamaah selama 10 hari terakhir Ramadhan sebelum Covid-19. “Sayangnya, saya tidak bisa umroh kali ini karena saya belum menerima dosis pertama vaksin meskipun saya sudah mencoba divaksinasi. Tapi itu sudah bisa diduga, karena jutaan orang mencoba mendaftar untuk vaksin, "katanya.

Teman Al-Ghamdi, pensiunan perwira militer Salem bin Saleh, mengatakan dia beruntung mendapatkan dosis pertama dan berencana melakukan umroh dalam beberapa hari mendatang. "Melakukan umroh dalam 10 hari terakhir Ramadhan telah menjadi salah satu kebiasaan saya selama lebih dari 30 tahun," kata Saleh kepada Arab News.

Dia mengatakan melakukan umroh di bulan Ramadhan sama dengan pahala menunaikan haji, seperti yang dikatakan Nabi Muhammad. “Perasaan yang Anda rasakan selama dan setelah umroh di bulan Ramadhan tak terlukiskan,” tambah Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement