Kamis 08 Jul 2021 20:02 WIB

Aplikasi Haji dan Umrah Virtual Obati Kerinduan Jamaah

Banyak aplikasi haji dan umrah virtual yang tengah dikembangkan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Kabah di Masjidil Haram
Foto:

Pengalaman gim berfungsi sebagai latihan untuk kunjungan di masa depan atau memberikan pengalaman emosional. Chbib melihat orang-orang menangis sambil mengenakan headset virtual reality (VR). Secara virtual, para pengguna bisa berjalan melalui rekreasi digital 3D Muslim dari situs-situs suci.

Realisasi ini juga mendorong Stimulator Haji Virtual bernama Labbaik VR yang berbasis di Inggris untuk berkembang. Tahun lalu, perusahaan mengembangkan aplikasi seluler, Wuzu yang memberikan tur realitas virtual Ka’bah dengan resolusi tinggi.

“Model kami dibuat dengan sangat teliti. Jadi, Anda benar-benar merasa seperti berada di tempat yang tepat,” kata Kepala Eksekutif Shehriar Ashraf. Ashraf menyebut aplikasinya menarik masyarakat yang mungkin belum pernah menunaikan haji.

Meski begitu, Ashraf menegaskan, pengalaman ini bukan pengganti ritual haji. “Saya tidak berpikir haji dapat diganti tapi saya pikir ini dapat memberi Anda hubungan emosional dan spiritual yang sama dan jika itu terjadi, maka kami telah melakukan pekerjaan kami,” ucap dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement