Kamis 22 Jul 2021 09:31 WIB

Kazan, Simbol Toleransi di Rusia

Secara geografis, Kazan tidak terlalu jauh dari Moskow, ibu kota Rusia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
 Wisatawan mengunjungi Masjid Qolsharif, di Kremlin abad ke-16, atau benteng, salah satu situs warisan dunia UNESCO selama Piala Dunia 2018 sepak bola di Kazan, Rusia, Jumat, 29 Juni 2018. (
Foto:

Simbol Toleransi

Di tengah sebuah pesta pernikahan di Masjid Qul Syarif di Kazan, seorang imam berusia 34 tahun, Rustem Zinnu rov, bercerita bahwa kota di Rusia ini layak menyandang reputasi sebagai kota yang menjunjung toleransi. Mengapa begitu? Di sini hubungan Muslim-Kristen lebih dari sekadar toleran. Mereka bersaudara, ujar Zinnurov.

Dia tidak sedang berbasa-basi. Di kota ini, 1,2 juta penduduknya terbagi rata antara warga Muslim Tatar dan warga Rusia penganut Kristen Ortodoks. Dengan komposisi pen duduk seperti itu, rasa toleransi yang terbangun di hati segenap warga Kazan bukanlah sesuatu yang layak dipandang sebelah mata. Zinnurov mencontohkan, hari besar umat Islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha menjadi hari libur kerja bagi seluruh kota.

Simbol teloransi lainnya di Kazan adalah Masjid Qul Syarif. Masjid ini termasuk yang terbesar di Eropa dengan arsitektur khas berupa menara-menara tinggi, yang mungkin terpengaruh dari Masjid Biru di Istanbul Turki. Masjid terbesar di Rusia ini bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan di dalamnya juga terdapat sebuah museum yang menam pilkan sejarah Islam, ilmu pengetahuan, dan tradisi. Museum itu juga menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan kitab Injil dan Taurat.

Masjid ini juga berada di lokasi yang istimewa, yakni di area Benteng Kazan atau Kremlin. Selain Masjid Qul Syarif, kompleks Kremlin di Kazan yang sudah terdaftar di UNES CO sebagai situs warisan dunia itu juga menjadi lokasi berdirinya Katedral Annunciation yang berkubah emas.

Sejak masa kepemimpinan Kaisar Ivan IV, katedral tersebut menjadi lambang penaklukannya atas Muslim Tatar pada abad ke-16. Di seberangnya, terdapat Universitas Islam Rusia yang berdiri pada 1978. Uni versitas itu menjadi lembaga pendidikan pertama di Rusia yang mendedikasikan diri bagi kemajuan pendidikan Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement