Kamis 22 Jul 2021 10:30 WIB

Mengenal Rute Haji di Masa Lalu

Secara historis, ada tujuh rute ibadah haji utama menuju Mekkah dan Madinah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kafilah haji berjalan di tengah padang pasir ke Makkah.
Foto:

"General Syndicate of Cars telah secara aktif berkontribusi pada pengembangan jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut jamaah sejak didirikan, dimulai dengan versi pertama dari truk merah berbagai merek Jerman dan Amerika yang digunakan untuk kargo dan keperluan lainnya," kata Ketua General Syndicate of Cars, Abdulrahman bin Mayouf Alharbi. 

"Kemudian kami pindah menggunakan bus sekolah kuning yang terkenal," lanjut dia.

Bahkan hari ini, haji terus membentuk evolusi infrastruktur transportasi Makkah dan tata ruang kota yang berkembang. Saat musim haji 2021 mendekat, jalan dan terowongan baru yang menampilkan teknologi kontrol lalu lintas terbaru sedang dibangun.

Kepala penelitian di Penjaga Dua Masjid Suci Institut Penelitian Haji dan Umrah di Universitas Umm Al-Qura Mekkah, Dr. Othman Qazzaz mengatakan, para penelitinya telah mengeksplorasi berbagai tindakan pengurangan lalu lintas intuitif, termasuk jalur pejalan kaki, dan jalan independen yang disediakan hanya untuk jamaah dan kendaraan darurat.

"Lembaga telah berusaha untuk membantu para jamaah melakukan haji dan umrah dengan mudah dan damai, terutama dengan memperkenalkan program bus antar-jemput dan memperluas sarana transportasi yang disediakan untuk jamaah antara Makkah, daerah pusat dan akomodasi mereka," kata Qazzaz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement