Ahad 25 Jul 2021 15:21 WIB

Sosok Dibalik Lancarnya Ibadah Haji 2021

Membuat pelaksanaan haji berjalan lancar adalah tugas yang kompleks.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji berdoa saat mereka menjaga jarak sosial di depan Ka
Foto:

Tahun ini, 331 praktisi medis, termasuk 160 wanita, menjadi sukarelawan dalam empat kelompok. Spesialis berbasis di rumah sakit Arafat Timur, kelompok kedua ditugaskan untuk bekerja di enam klinik di tempat suci, kelompok ketiga memastikan protokol Covid-19 dipatuhi di semua langkah perjalanan, dan yang keempat mengurus pengobatan pencegahan.

Perawat Sara Al Shamari, yang berbasis di Masjidil Haram Makkah, menyampaikan, jika jamaah haji tidak sehat, maka ia akan menjadi tim respon pertama. "Pengalaman sebagai sukarelawan melayani tamu Allah ini seperti lencana kehormatan," tambahnya.

Al Shamari melakukan perjalanan jauh dari Dammam, 1.300 kilometer jauhnya di timur kerajaan, ke Mekah, hanya untuk menjadi sukarelawan haji. Ada 1.000 praktisi kesehatan yang bekerja di empat rumah sakit dan enam klinik kesehatan di tempat-tempat suci Mina, Arafat dan Muzlifa, dengan sebagian besar wanita. 

Sementara itu, Dr Zahra Al Srori, 26, dan temannya Dr Tasneem Eid, juga memutuskan untuk melayani jamaah haji tahun ini. "Ini adalah pertama kalinya bagi kami, dan pasti tidak akan menjadi yang terakhir," kata Al Srori.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement